Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Thursday, November 29, 2018

Cara Membuat Kelas Online di Google Classroom (gratis)

Bagaimana Cara Membuat Kelas Online di Google Classroom?


Sebelum saya memberikan caranya, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan Google Classroom, dan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari aplikasi ini.  Karena dengan mengetahui segala hal tentang aplikasi ini, anda akan semakin tau bahwa ternyata aplikasi ini sangat bermanfaat untuk segala hal dibidang pendidikan.

Google Classroom sendiri adalah suatu aplikasi yang tersinkronkan dengan serangkaian tools gratis dari Google seperti Gmail, Drive, and Docs yang dirancang untuk mempermudah pengajar dan pelajar berinteraksi satu sama lain. Pengajar bisa secara langsung membuat tugas setelah itu dipublish disini dan pelajar yang menjadi anggotanya bisa secara langsung mendownloadnya dan mengumpulkan tugasnya dengan cara di upload disini juga, pastinya tanpa menggunakan kertas karena yang dikirimkan hanya softfile nya saja. Dan secara otomatis, aplikasi ini langsung membuat folder Drive untuk setiap tugas dan untuk setiap siswa sehingga semuanya berjalan dengan sangat mudah dan terkontrol tanpa harus melakukan pengumpulan tugas manual seperti sebelumnya yg kadang pun masih terdapat beberapa kekeliruan karena factor human itu sendiri.

Aplikasi ini bisa dibilang adalah aplikasi pengumpulan tugas yang tersystem dan sangat terstruktur dan tidak akan mungkin terjadi kekeliruan disini. Pengajar (guru) akan secara langsung mengetahui tentang siapa saja yang sudah mengumpulkan tugas, pada pukul berapa pelajar (anggota) mengumpulkan tugas dan di tugas mana saja yang belum dikumpulkan oleh pelajarnya (anggota) tanpa harus mengecek secara manual yang pada kenyataannya akan sangat menghabiskan waktu.

Itulah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh Google Classroom yang tentunya hubungannya sangat erat dengan pendidikan dan interaksi dengan pelajarnya (anggota). Bagaimana? anda tertarik untuk membuatnya? Mari kita membuatnya dalam beberapa detik


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Masuk dulu ke akun Google Classroom Disini.
2. Setelah itu sign in dengan menggunakan alamat g-mail anda. (Jika anda belum punya akun google, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Cara Membuat G-mail dengan Mudah.)
3. Setelah itu, dilayar monitor anda akan terdapat tulisan buat atau gabung dengan kelas pertama anda. Artinya adalah jika anda adalah seorang pengajar, anda bisa membuat kelas anda sendiri dan jika anda adalah seorang pelajar, maka anda bisa gabung dengan kelas yang sudah disediakan oleh guru anda.
4. Disini, saya memposisikan diri sebagai pengajar jadi saya ingin membuat kelas saya sendiri maka : Klik tanda (+) dipojok kanan tengah dan pilih buat kelas.




5. Anda akan diminta untuk mengisi diskripsi singkat tentang kelas yang akan anda buat.

  • Nama kelas (wajib diisi)
  • Bagian (opsional)
  • Subject (opsional)
  • Ruang (opsional)
6. Klik buat dan secara otomatis Google Classroom anda sudah siap digunakan.


Bagaimana? Sangat cepat bukan? Dalam beberapa detik anda sudah bisa membuat akun Google Classroom. Jangan lupa ya untuk memberitahukan kepada pelajar (anggota) anda tentang ID google classroom anda, jadi anda bisa sesegera mungkin untuk mengetahui cara Google Classroom bekerja dan manfaatnya didalam pendidikan melalui pengalaman anda sendiri. Terimakasih sudah membaca tulisan saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.


Share:
Location: South Jakarta, South Jakarta City, Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives