Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Wednesday, November 21, 2018

Cara Membuat Soal Latihan Menggunakan Wondershare Quizcreator

Bagaimana membuat soal dengan menggunakan Wondershare Quizcreator?


Seperti yang kita tahu, segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan pada jaman sekarang ini sudah tidak sesulit dijaman dahulu karena beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh internet menjadikan beberapa orang sangat terbantu didalam melaksanakan tugas, hobi dan kewajiban mereka. Tidak hanya di bidang bisnis, politik, social dan budaya saja tetapi juga di bidang pendidikan.

Dijaman dahulu, pengajar akan menggunakan papan tulis ketika memberikan beberapa soal latihan dengan cara menulisnya dipapan tulis dan meminta siswa untuk menyalinnya dibuku tulis atau dikertas dan setelah itu dikerjakan, semakin kesini perkembangannya semakin maju. Pengajar tidak hanya harus menulis dipapan tulis, tetapi bisa mengetik beberapa soal latihan menggunakan computer dan menge-print-out soal yang telah dibuat dan memberikan kertasnya kepada siswa dan dikerjakan.

Tetapi sekarang, pengajar tidak perlu susah-susah untuk memberikan soal latihan karena sekarang sudah ada aplikasi pembuat soal yang disebut dengan Wondershare Quizcreator. Aplikasi ini menawarkan beberapa macam jenis soal-soal yang dapat digunakan untuk pengajar sebagai alat untuk menguji kemampuan siswa seperti True or False, Essay, Multiple Choice, Matching, Sequence dan beberapa jenis soal lainnya. Jadi pengguna aplikasi ini tidak perlu khawatir untuk kehabisan akal untuk membuat soal latihan karena disini menu yang ditawarkan sudah sangatlah tepat.

Penggunaan aplikasi ini pun terbilang cukup mudah. Anda hanya harus mempunyai aplikasi flash player untuk menjalankan aplikasi ini di laptop atau computer. Oke langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat soal dengan menggunakan Wondershare Quizcreator.

1. Buka aplikasi wondershare di laptop anda. Jika anda belum punya, maka saya sarankan untuk mendownloadnya terlebih dahulu di http://download.wondershare.com/cbs_down/free-quizcreator_full962.exe setelah itu silahkan di install terlebih dahulu di PC anda. Jika anda kesulitan untuk menginstal aplikasi ini, anda bisa membaca artikel saya tentang Cara Menginstal Aplikasi Wondershare Quizcreator di PC.

2. Klik menu Create a new Quiz.


3. Setelah itu pilih jenis pertanyaan yg ingin anda buat yg ditunjukkan di sisi sebelah kiri PC anda. Disini saya akan memberikan contoh pembuatan soal pilihan ganda (Multiple Choice). Klik menu Question di pojok sebelah kiri dan klik Multiple Choice.

4. Tampilan akan seperti ini dan tulis pertanyaannya di kolom pertanyaan, lalu dibawahnya ada pilihan ganda diisi sesuai dengan keinginan. Jika pilihan gandanya hanya A-D hanya di isi A-D saja. Dan jangan lupa memberikan tanda pada jawaban yang benar. Dibawahnya juga atur skor atau nilainya, jika pengguna menjawab benar dan ketika pengguna menjawab salah. Setelah itu klik OK
5. Saya akan mengkombinasikan soal pilihan ganda dan true or false. Langkahnya sama seperti yang diatas hanya berbeda pada jenis kolomnya. Klik Question di pojok kiri atas dan ubah menjadi True or False. Dan tulis soal dan jangan lupa juga berikan jawaban dan skor nilai pada kolom yang diberikan.

6. Jumlah soal akan ditunjukkan di menu sebelah kiri layar monitor anda. Ada 5 soal True or False, ada 5 soal Multiple Choice.

7. Klik Quiz Properties untuk mengatur beberapa peraturan soal yang telah anda buat sebelum diPublish.
  • Masukkan Judul Quiz yang telah anda buat
  • Tuliskan ucapan selamat datang di Quiz yang telah anda buat dan berikan gambaran umum tentang isi dari quiz anda (opsional)
  • Klik Participant data collection untuk mengatur apa saja yang harus di isi oleh pengguna aplikasi quiz anda (Data yang harus di isi oleh pengguna). Dan atur apa saja yang anda butuhkan.(Full name, Last name, Phone). Klik OK.
10. Setelah itu, publish soal yang anda buat dengan mengisi hal-hal dibawah ini.

11. Quiz yang anda buat sudah siap di gunakan.

Nah, mungkin bagi beberapa orang, hal ini terlihat sangat rumit ya. tetapi jika anda mengikuti setiap langkah yang saya berikan, saya yakin anda tidak akan menemukan kesulitan untuk menjalankan aplikasi ini. Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga artikel saya bermanfaat.


















Share:
Location: Tangerang, Tangerang City, Banten, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives