Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Sunday, November 11, 2018

Contoh RPP Bahasa Inggris di SMA Kelas X materi Recount Text Kurikulum 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : SMAN .....................
`                       Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris Peminatan
Kelas/Semester                        : X / Ganjil
Penyusun                                 : Erlinda Puspitasari


 

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan KI 2
Pembelajaran Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilaksanakan secara tidak langsung  (indirect teaching) melalui keteladanan, terkait jujur, tanggungjawab, disiplin, dan santun melalui proses pembelajaran Pengetahuan dan Keterampilan. Selanjutnya guru melalukan penilaian sikap tersebut sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut

KI 3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4.  
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
 
      B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8.1 Menemukan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis denganmemberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
3.8.2 Mengidentifikasifungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X
3.8.3 Membedakanfungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain dikelas X.
4. 8 Teks report
4.8.1 Menangkap makna secara konstekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X.
4.8.1.1 Menyimpulkan informasi secara konstekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X.
4.8.2 Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
4.8.2.1 Menulis teks report lisan dan tulis terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X.
4.8.2.2 Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.


    C.    Materi Pembelajaran
·         Fungsi sosial
Menjelaskan, Mencontohkan, Menerapkan teks report terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X.
·         Struktur teks
Struktur teks report mencakup
1.      Informasi umum
2.      Informasi khusus
·         Unsur kebahasaan
1.      Kata dan Bahasa yang sesuai dengan kebahasaan dan dapat dipahami.
2.      Penggunaan tenses yang tepat dan sesuai dengan peristiwa yang digambarkan.
3.      Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
4.      Ejaan dan tanda baca.
5.      Tulisan tangan.

     D.    Metode Pembelajaran
Diskusi, Penugasan, Presentasi

     E.     Media/alat/bahan/sumber belajar    :
Teks report, teks lain, LKS

     F.     Kegiatan Pembelajaran
        1.      Pertemuan Pertama: (2 JP)
Indikator:
3.8.1        Menemukan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
3.8.2        Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X
a.      Kegiatan Pendahuluan
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran.
·         Melakukan ice breaking untuk menyemangati kelas dengan sebuah permainan “Traffic Light”.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kegiatan yang akan siswa lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.



b. Kegiatan Inti
 ·         Siswa membaca materi yang ada didalam LKS dan menyimpulkan dengan bahasanya sendiri terkait dengan makna dan tujuan menulis teks report.
·         Siswa menjelaskan teks report terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan.
·         Guru meluruskan pemahaman siswa.
·         Siswa menulis beberapa contoh vocabulari seperti yang dicontohkan di ciri-ciri kebahasaan teks report.
·         Siswa diminta untuk membaca contoh teks report yang ada dibuku secara berkelompok.
·         Siswa diminta untuk menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.
·         Siswa diminta untuk menemukan tujuan dari penulisan teks report tersebut.
·         Secara berkelompok, siswa membaca teks report didepan kelas dengan pasangannya. Siswa pertama membaca dan siswa kedua menerjemahkan.
·         Siswa dikelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan secara lisan mengenai teks report yang dibacakan oleh kelompok yang didepan
·         Memberikan teks report yang telah disiapkan kepada setiap kelompok dan setiap kelompok mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks report tersebut disertai dengan alasan.
·         Menukarkan setiap hasil identifikasi kelompok ke kelompok yang lain dan melakukan penilaian secara tertulis dikertas hasil identifikasi siswa

c.      Kegiatan Penutup
·         Mengulas kembali apa yang telah dipelajari tentang teks report dengan cara bertanya kepada salah satu siswa atau bertanya kepada semua siswa.
·         Menanyakan kembali struktur dan ciri-ciri teks report kepada salah satu siswa.
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan meminta setiap siswa untuk membawa satu report text.

2.        Pertemuan Kedua: ( 2 JP)
Indikator:
3.8.3        Membedakanfungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
4.8.1.1  Menyimpulkan informasi secara konstekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X.    
a.      Kegiatan Pendahuluan
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·         Melakukan ice breaking untuk menyemangati kelas dengan permainan “give me back my consentration”.
·         Membaca sebuah teks dan meminta siswa untuk menjelaskan teks yang dibacakan termasuk teks report atau bukan.

b.      Kegiatan Inti
·         Siswa dibagi secara berkelompok yang terdiri dari 5 orang per kelompok
·         Melihat dua teks yang disediakan dibuku dan menentukan perbedaan terkait fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan dengan text yang lain (misalnya dengan teks descriptive)
·         Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi mereka didepan kelas.
·         Meminta siswa untuk mengumpulkan teks report yang telah diminta untuk dibawa.
·         Guru mengembalikan teks report kepada siswa secara acak.
·         Siswa menyimpulkan isi dari teks report yang telah dibagikan dan dikerjakan di buku masing-masing secara individu dengan Bahasa sendiri.
·         Setelah menyimpulkan teks pertama, siswa diminta untuk menukarkan teks report kepada temannya, dan teks tersebut disimpulkan kembali. (langkah ini diulang-ulang sampai siswa mendapatkan kesimpulan dari 5 teks yang berbeda)
·         Siswa diminta untuk mengumpulkan bukunya.

c.       Kegiatan Penutup
·         Mereview pembahasan pada kegiatan latihan yang sudah dikerjakan selama awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran.
·         Cloud Callout: CHARACTER BUILDINGRefleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Do you want to say something about your task? Please feel free to share.
 ·         Menutup pertemuan dengan doa. 

3.        Pertemuan Ketiga: ( 2 JP)
 Indikator:
4.8.2.1  Menulis teks report lisan dan tulis terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X.
4.8.2.2  Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalammata pelajaran lain di kelas X, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.

a.      Kegiatan Pendahuluan
·      Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·      Melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana dengan permainan instruction and gesture.

b.      Kegiatan Inti
·      Secara individu, menulis teks report dengan pemahaman yang telah didapatkan sebelumnya dengan tema liburan.
·      Sebanyak lima siswa diminta untuk maju ke depan kelas secara bergantian dan membacakan teks report yang telah dibuat.
·      Siswa yang lain diminta untuk mengomentari penampilan dari temannya.
·      Guru menambahkan komentar setelah itu memberikan pemahaman yang lebih tentang hasil teks yang telah dibuat dan dibacakan didepan kelas.
·      Secara berpasangan memilih 1 topik dari 3 topik yang telah disediakan.
·      Masing-masing kelompok menulis teks report sesuai dengan topik yang telah dipilih secara tertib dan tekun

c.       Kegiatan Penutup
·      Mereview pembahasan pada kegiatan latihan yang sudah dikerjakan selama awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran.
  ·      Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Did you enjoy writing report text? Was it difficult? Was it easy? What did you find difficult?”
 ·      Menutup pertemuan dengan doa.



G.    Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
a.         Penilaian Sikap             : Observasi/Pengamatan
b.        Penilaian Pengetahuan  : Tes Tertulis
c.         Penilaian Keterampilan : Praktek
b.   Bentuk Penilaian:        
a.         Observasi                      : Jurnal guru
b.        Tes tertulis                    : Uraian dan Lembar kerja
c.         Praktek                          : Praktek didepan kelas
c.    Instrumen Penilaian (terlampir)

H.    Program Tindak Lanjut
1.      Remedial
·         Peserta didik yang belum mencapai KKM(75) diberi tugas untuk membuat teksreport dalam bahasa Inggris terkaitteknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas Xselama dua minggu. Setelah dua minggu, guru mengevaluasi kemajuan kompetensi peserta didik dalam menangkap makna dan atau menyusun teks report. Kemudian guru melaksanakan penilaian remedial.
2.      Pengayaan
·         Bagi peserta didik mempunyai nilai di atas 75 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk menyusun teks report terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X. Kemudian mempublikasi dengan ditempel di mading.


Kediri, 19 April 2018
Mengetahui:                                                               
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



Dra. Rita Nurmastuti, M.Pd                                                   Erlinda Puspitasari
NIP: 195906201983032005                                                 NIP: 199702262021022009



Lampiran         :
Materi Pertemuan Ke-1


 What is recount text?
Recount text is a text that retells a story about past events or experiences in the order they happened. Its purpose is to inform or to retell past event to the audience.

A.    Recount text has three elements:
1        Orientation                 : tells who is involved in the story, when, where, and why the story happened
2        Series of events          : tells what happened in the story
3        Re-Orientation           : (optional) tells the conclusion of the story.
B.     Language feature of recount
1.        Introducing personal participant : I, my group, etc
2.        Using chronological connection : then, first, etc
3.        Using linking verb : was, were, etc
4.        Using action verb : look, go, change, etc
5.        Using simple past tense




Read and translate the text below with your partner in front of the class!

Identify the language features of the text below!
Text 1
My Holiday in Bali
When I was 2nd grade of senior high school, my friends and I went to Bali. We were there for three days. I had many impressive experiences during the vacation.
First day, we visited Sanur Beach in the morning. We saw the beautiful sunrise together. It was a great scenery. Then, we checked in to the hotel. After prepared our selves, we went to Tanah Lot. We met so many other tourists there. They were not only domestic but also foreign tourists.

Second day, we enjoyed the day on Tanjung Benoa beach. We played so many water sports such as banana boat, jetsky, speedboat etc. We also went to Penyu island to see many unique animals. They were turtles, snakes, and sea birds. We were very happy. In the afternoon, we went to Kuta Beach to see the amazing sunset and enjoyed the beautiful wave.
The last day, we spent our time in Sangeh. We could enjoy the green and shady forest. There were so many monkeys. They were so tame but sometimes they could be naughty. We could make a close interaction with them. After that, we went to Sukowati market for shopping. That was my lovely time. I bought some Bali T-Shirt and souvenirs.
In the evening, we had to check out from the hotel. We went back home bringing so many amazing memories of Bali.

Text 2
A Beautiful Day at Jogja
Last week, my friends and I went to Jogja. We visited many places that were so famous there.
First, we visited Parang Tritis Beach. The sun shone brightly and the scenery was very beautiful there. We felt the wind blew across to us. We also saw a lot of people in that beach. There were many birds flew in the sky. Also, there were many sellers who sold many kinds of souvenirs. Second, we visited Gembira Loka Zoo. We saw many kinds of animals there such as monkeys, tigers, crocodiles, snakes, etc. We looked around in that Zoo, and also took pictures of those animals. Then, we felt hungry, so we went to a restaurant. As soon as we finished our lunch, we decided to go home.
For me, that was a beautiful day. we really enjoyed it, and I hope I could visit Jogja again.




 Materi Pertemuan Ke-2
Decide whether this text is report text or not! Why?
My Adolescence
I had my adolescence when I was thirteen.
It started with acne that showed up on my face. It was very annoying. It lowered my self-esteem and I was embarrassed to come out of my house and play with friends.Fortunately, my mom gave me a good medicine. In three weeks, the acnes started to vanish although those showed some black spots in my face.
That was my bad experience with adolescence, though there were still lots of good experience too.

Find the difference of the feature text below!
Report text
A Page from a Girl’s Diary
(Pratama Lysa Hapsari)

It was Takbiran night. It was also my birthday, and nothing happened. Or I had thought nothing would happen, but I was wrong.
That night, I was watching television with my family when I heard someone lit fireworks in my front yard. I peeped trough my window glass but could see nothing. It was very dark outside. Then I thought it had to be my cousins who lit the fireworks. Then I plopped down on my sofa again and tried to concentrate on the television since my mind raced with disappointment that no one gave something special on my birthday. I shrugged, it was almost the end of the day and I became pessimist. Five minutes later my mobile beeped. It was a text from my friend asking me to come out. Wondering what was going on, I grabbed my jacket and hurried to the front door. I was surprised to see her bring a bag full of firework and fire drills. Next I was surprised to see my other friend come out from the darkness. She brought a beautiful birthday cake on her hands. Oh my God! I shrieked. Then they gave the cake to me who was too stunned to say anything. I realized I was blushing furiously because my whole family was watching. Not to mention my neighbors too!
A plain day, or I thought it was before, turned out to be one of the greatest moment in my life. I didn’t even know how to describe what I felt. Happy was the simplest word. 


Descriptive text
The Eiffel Tower

The Eiffel Tower is an iron lattice tower located on the Champ de Mars in Paris. Built in 1889, it has become both a global icon of France and one of the most recognizable structures in the world. The tower is the tallest building in Paris and the most-visited paid monument in the world; millions of people ascend it every year.
          Named for its designer, engineer Gustave Eiffel, the tower was built as the entrance arch to the 1889 World's Fair. The tower stands 324 metres (1,063 ft) tall, about the same height as an 81-story building. Upon its completion, it surpassed the Washington Monument to assume the title of tallest man-made structure in the world, a title it held for 41 years, until the Chrysler Building in New York City was built in 1930; however, due to the addition in 1957 of the antenna, the tower is now taller than the Chrysler Building. Not including broadcast antennas, it is the second-tallest structure in France after the 2004 Millau Viaduct.
          The tower has three levels for visitors. Tickets can be purchased to ascend, by stairs or lift, to the first and second levels. The walk to the first level is over 300 steps, as is the walk from the first to the second level. The third and highest level is accessible only by elevator. Both the first and second levels feature restaurants.
          The tower has become the most prominent symbol of both Paris and France, often in the establishing shot of films set in the city.

Write the difference in the table below and explain it in front of your class!
No
Difference
Report Text
Descriptive text


















Materi Pertemuan ke-3
Make a report text by the topic “Holiday”!

 Answer ...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................



With your partner desk, choose one of the three topics given below and make a report text!
1.      Experience
2.      Accident
3.      Relationship



 

















RUBRIK
1)      Rubrik Penilaian tes lisan dan tulis

JAWABAN
Kreteria
SKOR
1.      The general and specific information about the text
2.      The general information/specific information about the text
3.      Other then 1 and 2
Tepat

Kurang tepat

Tidak tepat

3

2

1

1)      Rubrik Penilaian Keterampilan (praktek)

KRITERIA
KURANG
(45-60)
CUKUP
(61-75)
BAIK
(76-88)
SANGAT BAIK
(89 – 100)
Bertanya-jawab
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur  dan unsur bahasa yang yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Presentasi
Membaca teks, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
 Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai



Penilaian Sikap

Jurnal Guru

NO
HARI/TGL/ JAM KE
NAMA
PRILAKU/ KEJADIAN
BUTIR SIKAP
POS/NEG
TINDAK LANJUT
















Share:
Location: Tangerang, Tangerang City, Banten, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives