RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMAN .....................
` Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris Peminatan
Kelas/Semester : X / Ganjil
Penyusun
: Erlinda
Puspitasari
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan KI 2
KI 1 dan KI 2
Pembelajaran Sikap
Spiritual dan Sikap Sosial dilaksanakan secara tidak langsung (indirect teaching) melalui keteladanan,
terkait jujur, tanggungjawab, disiplin, dan santun melalui proses pembelajaran
Pengetahuan dan Keterampilan. Selanjutnya guru melalukan penilaian sikap
tersebut sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut
KI 3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas
X sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.8.1 Menemukan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis denganmemberi dan
meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain
di Kelas X.
3.8.2 Mengidentifikasifungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain
di Kelas X
3.8.3 Membedakanfungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain
dikelas X.
|
4. 8 Teks report
4.8.1 Menangkap makna secara konstekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks report lisan dan
tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X.
|
4.8.1.1 Menyimpulkan informasi secara konstekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks report lisan
dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas
X.
|
4.8.2 Menyusun teks report lisan dan tulis,
terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X, dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar
dan sesuai konteks.
|
4.8.2.1 Menulis teks report lisan dan tulis
terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X.
4.8.2.2 Menyusun teks report lisan dan tulis,
terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas X, dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar
dan sesuai konteks.
|
C.
Materi
Pembelajaran
·
Fungsi sosial
Menjelaskan,
Mencontohkan, Menerapkan teks report terkait teknologi yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di kelas X.
·
Struktur teks
Struktur
teks report mencakup
1. Informasi
umum
2. Informasi
khusus
·
Unsur kebahasaan
1. Kata
dan Bahasa yang sesuai dengan kebahasaan dan dapat dipahami.
2. Penggunaan
tenses yang tepat dan sesuai dengan peristiwa yang digambarkan.
3. Ucapan,
tekanan kata, dan intonasi.
4. Ejaan
dan tanda baca.
5. Tulisan
tangan.
D.
Metode
Pembelajaran
Diskusi,
Penugasan, Presentasi
E.
Media/alat/bahan/sumber
belajar :
Teks
report, teks lain, LKS
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama: (2 JP)
Indikator:
3.8.1
Menemukan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di Kelas X.
3.8.2
Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di Kelas X
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran.
·
Melakukan ice breaking untuk menyemangati kelas dengan
sebuah permainan “Traffic Light”.
· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kegiatan yang akan siswa lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
b. Kegiatan Inti
· Siswa membaca materi yang ada didalam LKS dan menyimpulkan dengan bahasanya sendiri terkait dengan makna dan tujuan menulis teks report.
·
Siswa menjelaskan teks report terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
digunakan.
·
Guru meluruskan pemahaman siswa.
·
Siswa menulis beberapa contoh vocabulari seperti yang
dicontohkan di ciri-ciri kebahasaan teks report.
·
Siswa diminta untuk membaca contoh teks report yang
ada dibuku secara berkelompok.
·
Siswa diminta untuk menerjemahkan ke dalam Bahasa
Indonesia.
·
Siswa diminta untuk menemukan tujuan dari penulisan
teks report tersebut.
·
Secara berkelompok, siswa
membaca teks report didepan kelas dengan pasangannya. Siswa pertama membaca dan
siswa kedua menerjemahkan.
·
Siswa dikelompok lain diminta untuk memberikan
tanggapan secara lisan mengenai teks report yang dibacakan oleh kelompok yang
didepan
·
Memberikan teks report yang
telah disiapkan kepada setiap kelompok dan setiap kelompok mengidentifikasi unsur
kebahasaan dari teks report tersebut disertai dengan alasan.
·
Menukarkan setiap hasil identifikasi kelompok ke
kelompok yang lain dan melakukan penilaian secara tertulis dikertas hasil
identifikasi siswa
c.
Kegiatan Penutup
·
Mengulas kembali apa yang
telah dipelajari tentang teks report dengan cara bertanya kepada salah satu
siswa atau bertanya kepada semua siswa.
·
Menanyakan kembali struktur dan ciri-ciri teks report
kepada salah satu siswa.
·
Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan meminta setiap siswa
untuk membawa satu report text.
2.
Pertemuan Kedua: ( 2 JP)
Indikator:
3.8.3
Membedakanfungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di Kelas X.
4.8.1.1 Menyimpulkan
informasi secara konstekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam
mata pelajaran lain di kelas X.
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·
Melakukan ice breaking untuk
menyemangati kelas dengan permainan “give me back my consentration”.
·
Membaca sebuah teks dan
meminta siswa untuk menjelaskan teks yang dibacakan termasuk teks report atau
bukan.
b.
Kegiatan Inti
·
Siswa dibagi secara
berkelompok yang terdiri dari 5 orang per kelompok
·
Melihat dua teks yang disediakan dibuku dan menentukan
perbedaan terkait fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan dengan text yang lain (misalnya dengan teks
descriptive)
·
Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi mereka didepan kelas.
·
Meminta siswa untuk mengumpulkan
teks report yang telah diminta untuk dibawa.
·
Guru mengembalikan teks report kepada siswa secara
acak.
·
Siswa menyimpulkan isi dari teks report yang telah dibagikan
dan dikerjakan di buku masing-masing secara individu dengan Bahasa sendiri.
·
Setelah menyimpulkan teks pertama, siswa diminta untuk
menukarkan teks report kepada temannya, dan teks tersebut disimpulkan kembali.
(langkah ini diulang-ulang sampai siswa mendapatkan kesimpulan dari 5 teks yang
berbeda)
·
Siswa diminta untuk mengumpulkan bukunya.
c.
Kegiatan Penutup
·
Mereview
pembahasan pada kegiatan latihan yang sudah dikerjakan selama awal pembelajaran hingga
akhir pembelajaran.
·
Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari
dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Do you want to say something about your task?
Please feel free to share.”
·
Menutup pertemuan dengan doa.
3.
Pertemuan Ketiga: ( 2 JP)
Indikator:
4.8.2.1 Menulis
teks report lisan dan tulis terkait teknologi yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di kelas X.
4.8.2.2 Menyusun
teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalammata
pelajaran lain di kelas X, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks,
dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
a.
Kegiatan Pendahuluan
· Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses
pembelajaran.
· Melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana dengan
permainan instruction and gesture.
b.
Kegiatan Inti
· Secara individu, menulis teks report dengan
pemahaman yang telah didapatkan sebelumnya dengan tema liburan.
· Sebanyak lima siswa diminta untuk maju ke depan
kelas secara bergantian dan membacakan teks report yang telah dibuat.
· Siswa yang lain diminta untuk
mengomentari penampilan dari temannya.
· Guru menambahkan komentar
setelah itu memberikan pemahaman yang lebih tentang hasil teks yang telah
dibuat dan dibacakan didepan kelas.
· Secara berpasangan memilih 1
topik dari 3 topik yang telah disediakan.
· Masing-masing kelompok menulis teks report sesuai dengan topik
yang telah dipilih secara tertib dan tekun
c.
Kegiatan Penutup
·
Mereview pembahasan pada kegiatan latihan yang sudah dikerjakan selama awal
pembelajaran hingga akhir pembelajaran.
·
Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari
dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Did you enjoy writing report text? Was it
difficult? Was it easy? What did you find difficult?”
·
Menutup pertemuan dengan doa.
G.
Penilaian Hasil
Belajar
a.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap : Observasi/Pengamatan
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Praktek
b.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi : Jurnal guru
b.
Tes tertulis : Uraian dan Lembar kerja
c.
Praktek : Praktek didepan
kelas
c.
Instrumen
Penilaian (terlampir)
H.
Program
Tindak Lanjut
1. Remedial
· Peserta didik yang belum mencapai KKM(75) diberi tugas untuk membuat teksreport dalam bahasa Inggris terkaitteknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas Xselama dua minggu. Setelah dua minggu, guru mengevaluasi kemajuan kompetensi peserta didik dalam menangkap makna dan atau menyusun teks report. Kemudian guru melaksanakan penilaian remedial.
2. Pengayaan
·
Bagi peserta didik
mempunyai nilai di atas 75 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk menyusun
teks report terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas
X. Kemudian mempublikasi dengan ditempel di mading.
Kediri,
19 April 2018
Mengetahui:
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dra. Rita Nurmastuti,
M.Pd Erlinda Puspitasari
NIP:
195906201983032005 NIP: 199702262021022009
Lampiran :
Materi Pertemuan Ke-1
What
is recount text?
Recount
text is a text that retells a story about past events or experiences in
the order they happened. Its purpose is to inform or to retell past event to
the audience.
A. Recount
text has three elements:
1
Orientation :
tells who is involved in the story, when, where, and why the
story happened
2
Series of events : tells what happened in the story
3
Re-Orientation : (optional) tells the conclusion of
the story.
B. Language
feature of recount
1.
Introducing personal
participant : I, my group, etc
2.
Using chronological
connection : then, first, etc
3.
Using linking verb :
was, were, etc
4.
Using action verb :
look, go, change, etc
5.
Using simple past tense
Read and translate the
text below with your partner in front of the class!
Identify the language features of the text below!
Text 1
My
Holiday in Bali
When
I was 2nd grade of senior high school, my friends and I went to Bali. We
were there for three days. I had many impressive experiences during the
vacation.
First
day, we visited Sanur Beach in the morning. We saw the beautiful sunrise
together. It was a great scenery. Then, we checked in to the hotel. After
prepared our selves, we went to Tanah Lot. We met so many other tourists there.
They were not only domestic but also foreign tourists.
Second
day, we enjoyed the day on Tanjung Benoa beach. We played so many water sports
such as banana boat, jetsky, speedboat etc. We also went to Penyu island to see
many unique animals. They were turtles, snakes, and sea birds. We were very
happy. In the afternoon, we went to Kuta Beach to see the amazing sunset and
enjoyed the beautiful wave.
The
last day, we spent our time in Sangeh. We could enjoy the green and shady
forest. There were so many monkeys. They were so tame but sometimes they could
be naughty. We could make a close interaction with them. After that, we went to
Sukowati market for shopping. That was my lovely time. I bought some Bali
T-Shirt and souvenirs.
In
the evening, we had to check out from the hotel. We went back home bringing so
many amazing memories of Bali.
Text 2
A
Beautiful Day at Jogja
Last
week, my friends and I went to Jogja. We visited many places that were so
famous there.
First,
we visited Parang Tritis Beach. The sun shone brightly and the scenery was very
beautiful there. We felt the wind blew across to us. We also saw a lot of
people in that beach. There were many birds flew in the sky. Also, there were
many sellers who sold many kinds of souvenirs. Second, we visited Gembira Loka
Zoo. We saw many kinds of animals there such as monkeys, tigers, crocodiles,
snakes, etc. We looked around in that Zoo, and also took pictures of those
animals. Then, we felt hungry, so we went to a restaurant. As soon as we
finished our lunch, we decided to go home.
For
me, that was a beautiful day. we really enjoyed it, and I hope I could visit
Jogja again.
Materi
Pertemuan Ke-2
Decide whether this text is report text or not! Why?
My
Adolescence
I
had my adolescence when I was thirteen.
It
started with acne that showed up on my face. It was very annoying. It lowered
my self-esteem and I was embarrassed to come out of my house and play with
friends.Fortunately, my mom gave me a good medicine. In three weeks, the acnes
started to vanish although those showed some black spots in my face.
That
was my bad experience with adolescence, though there were still lots of good
experience too.
Find the difference of the feature text below!
Report text
A Page from a Girl’s Diary
(Pratama Lysa Hapsari)
It was Takbiran night. It was also my
birthday, and nothing happened. Or I had thought nothing would happen, but I
was wrong.
That night, I was watching television with my
family when I heard someone lit fireworks in my front yard. I peeped trough my
window glass but could see nothing. It was very dark outside. Then I thought it
had to be my cousins who lit the fireworks. Then I plopped down on my sofa
again and tried to concentrate on the television since my mind raced with
disappointment that no one gave something special on my birthday. I shrugged,
it was almost the end of the day and I became pessimist. Five minutes later my
mobile beeped. It was a text from my friend asking me to come out. Wondering
what was going on, I grabbed my jacket and hurried to the front door. I was
surprised to see her bring a bag full of firework and fire drills. Next I was
surprised to see my other friend come out from the darkness. She brought a
beautiful birthday cake on her hands. Oh my God! I shrieked. Then they gave the
cake to me who was too stunned to say anything. I realized I was blushing
furiously because my whole family was watching. Not to mention my neighbors
too!
A plain day, or I thought it was before,
turned out to be one of the greatest moment in my life. I didn’t even know how
to describe what I felt. Happy was the simplest word.
Descriptive text
The Eiffel Tower
The Eiffel Tower is an iron
lattice tower located on the Champ de Mars in Paris. Built in 1889, it has
become both a global icon of France and one of the most recognizable structures
in the world. The tower is the tallest building in Paris and the most-visited
paid monument in the world; millions of people ascend it every year.
Named for its designer, engineer Gustave Eiffel, the tower was built as the entrance arch to the 1889 World's Fair. The tower stands 324 metres (1,063 ft) tall, about the same height as an 81-story building. Upon its completion, it surpassed the Washington Monument to assume the title of tallest man-made structure in the world, a title it held for 41 years, until the Chrysler Building in New York City was built in 1930; however, due to the addition in 1957 of the antenna, the tower is now taller than the Chrysler Building. Not including broadcast antennas, it is the second-tallest structure in France after the 2004 Millau Viaduct.
The tower has three levels for visitors. Tickets can be purchased to ascend, by stairs or lift, to the first and second levels. The walk to the first level is over 300 steps, as is the walk from the first to the second level. The third and highest level is accessible only by elevator. Both the first and second levels feature restaurants.
The tower has become the most prominent symbol of both Paris and France, often in the establishing shot of films set in the city.
Named for its designer, engineer Gustave Eiffel, the tower was built as the entrance arch to the 1889 World's Fair. The tower stands 324 metres (1,063 ft) tall, about the same height as an 81-story building. Upon its completion, it surpassed the Washington Monument to assume the title of tallest man-made structure in the world, a title it held for 41 years, until the Chrysler Building in New York City was built in 1930; however, due to the addition in 1957 of the antenna, the tower is now taller than the Chrysler Building. Not including broadcast antennas, it is the second-tallest structure in France after the 2004 Millau Viaduct.
The tower has three levels for visitors. Tickets can be purchased to ascend, by stairs or lift, to the first and second levels. The walk to the first level is over 300 steps, as is the walk from the first to the second level. The third and highest level is accessible only by elevator. Both the first and second levels feature restaurants.
The tower has become the most prominent symbol of both Paris and France, often in the establishing shot of films set in the city.
Write the difference in the table below and
explain it in front of your class!
No
|
Difference
|
Report
Text
|
Descriptive
text
|
Materi Pertemuan ke-3
Make a report text by
the topic “Holiday”!
Answer ...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
Answer ...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
...................................................................
With your
partner desk, choose one of the three topics given below and make a report
text!
1. Experience
2. Accident
3. Relationship
RUBRIK
1) Rubrik Penilaian tes lisan dan tulis
JAWABAN
|
Kreteria
|
SKOR
|
1.
The general and specific information about the text
2.
The general information/specific information about
the text
3.
Other then 1 and 2
|
Tepat
Kurang tepat
Tidak tepat
|
3
2
1
|
1) Rubrik Penilaian Keterampilan (praktek)
KRITERIA
|
KURANG
(45-60)
|
CUKUP
(61-75)
|
BAIK
(76-88)
|
SANGAT
BAIK
(89
– 100)
|
Bertanya-jawab
|
Kalimat kurang bisa
dipahami
|
Kalimat jelas namun
ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas dengan
struktur dan unsur bahasa yang yang
sederhana
|
Kalimat dengan
struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Presentasi
|
Membaca teks, kosa
kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat
teks, kosa kata terbatas tapi lancar
|
Lancar dan kosa kata
dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur
lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Penilaian
Sikap
Jurnal
Guru
NO
|
HARI/TGL/ JAM KE
|
NAMA
|
PRILAKU/ KEJADIAN
|
BUTIR SIKAP
|
POS/NEG
|
TINDAK LANJUT
|
0 comments:
Post a Comment