Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Thursday, November 15, 2018

Pengalaman pertama menulis artikel di blog


Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya pertama kali membuat blog. Saya membuat blog bukan karena sengaja atau karena ada tujuan lain dan semacamnya tetapi saya membuatnya karena tuntutan mata pelajaran Tekhnologi Ilmu Komunikasi (TIK) di tempat saya bersekolah di SMAN Bandarkedungmulyo Jombang pada tahun 2014.

Tetapi sebelum saya menceritakan semuanya, saya ingin memberi informasi bahwa dikurikulum pembelajaran yang baru ini (kurikulum 2013), pelajaran TIK sudah dihapuskan didalam mata pelajaran tambahan atau muatan lokal (mulok) di setiap sekolahan. TIK hanya dijadikan sebagai pelajaran bimbingan saja untuk para murid yang ingin lebih paham mengenai TIK. Dengan pertimbangan bahwa muatan lokal atau pelajaran tambahan yang dibutuhkan siswa-siswa terutama setelah mereka lulus dari sekolah adalah kemampuan berkomunikasi yang lebih untuk menjalani kehidupan yang sebenarnya, dan juga sekarang adalah zaman melek tekhnologi , jadi hampir semua orang dari berbagai kalangan usia bisa mempelajarinya dari internet tanpa mengalami kesulitan.

Saya sangat beruntung karena ditahun saya sekolah SMP maupun SMA, saya masih berkesempatan untuk mendapatkan pelajaran TIK tersebut karena saya masih mengikuti kurikulum KTSP 2006, tetapi sayangnya adik kelas saya tidak bisa mendapatkannya karena mereka sudah melaksanakan kurikulum 2013 untuk pertama kalinya. Dari mata pelajaran ini lah saya mampu memahami cara kerja komputer, cara mengoprasikan microsoft office, cara edit foto dan video, cara burning file sehingga bisa dimasukkan ke dalam CD, dan banyak sekali ilmu tentang komputer lainnya yang sangat bermanfaat bagi saya selama ini. Guru saya pada saat itu bernama Pak Udin. Beliau sangat sabar dan perhatian kepada semua muridnya tanpa membeda-bedakan antara murid satu dengan murid lainnya sehingga kami semua merasa nyaman ketika belajar. Beliau mengajari saya bagaimana membuat blog, bagaimana menambahkan artikel, dan bagaimana untuk mempercantik blog saya.

Pada saat itu, saya masih duduk dikelas XI IPA di semester ganjil. Dan semua murid wajib mempunyai blog. Tidak hanya wajib mempunyai blog, tetapi kami juga dituntut untuk mampu mempercantik blog yang sudah kami buat untuk memenuhi syarat mengikuti ujian akhir disemester ganjil. Eiitttsssss, sebelumnya jangan berburuk sangka dulu dengan kata “tuntutan dan dituntut”. Karena walaupun seperti itu, guru kami tidak membiarkan kami untuk belajar sendiri dari internet yang bagi saya sangat susah diakses. Pada waktu itu, bagi saya internet adalah hal yang tidak terlalu penting, karena internet hanya identik dengan facebook dan twitter (wkwkwkwkw pemikiran anak jaman old, nah kan ketauwan kalo dulu saya internetan cuma untuk facebook-an dan twitter-an ). Maklum hp saya pada saat itu masih jadul jadi belum terlalu support  dengan internet, bisa sih dipakai untuk internetan tetapi signalnya sangat low sehingga saya habis kesabaran ketika membuka internet dari HP. Warnet (warung internet) pun masih jarang, dan juga anak sekolah kadang malas ke warnet karena jarak yang tempuhnya sedikit jauh dari tempat tinggal mereka apalagi hanya untuk mengerjakan tugas sekolah yang gak terlalu penting (hahahhaa, ini hanya opini saya, semoga cuma saya yang berfikir seperti ini).

Tidak seperti zaman sekarang, internet sudah bukan lagi hal yang tabu atau pun hal yang baru untuk kalangan muda, dewasa maupun kalangan tua. Dulu internet hanya identik dengan kalangan muda, tetapi sekarang anak kecil dan orang tua sudah mampu mengikuti kemajuan perkembangan zaman. Mereka mampu mengoperasikan smart phone (hp) yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi yang terhubung dengan internet yang mampu membantu kegiatan dan memenuhi kebutuhan mereka. Tidak jarang juga internet dijadikan sebagai saran hiburan atau sarana pendukung pekerjaan dan usaha bagi mereka yang berkecimpung didalamnya. Bagi mereka yang mampu mengoperasikan komputer atau internet, mereka akan menemukan berbagai kemudahan didalam menjalani hidup ini, hidup akan menjadi ringan. Tetapi sebaliknya, ketika mereka buta akan internet. Mereka akan memerlukan kerja yang lebih ekstra untuk melakukan berbagai aktivitas didalam kehidupan mereka.

Aaah sudahlah jangan berlama-lama mengenang masa lalu, takutnya nanti makin baper dan ingat dengan seseorang dan kenangan dimasa lalu (wkwkwkwwk). Mari kita lanjutkan cerita ini. Blog ini sebenarnya bukan blog yang pertama kali saya buat ketika saya duduk di bangku SMA. Ini adalah blog kedua saya. Blog pertama saya itu memang sudah bagus menurut saya untuk standart pemula. Saya sudah merubah templatenya dengan melakukan percobaan berkali-kali karena terkadang ketika saya sudah mencoba sebuah template, saya merasa kurang puas dengan tampilannya dan akhirnya melakukan pergantian berkali-kali. Kursor yang saya pakai juga sudah saya design sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik sehingga pembaca bisa menikmati tulisan isi sekaligus dengan animasinya. Blog yang lama juga sudah saya sinkronkan dengan social media saya agar memudahkan pembaca mencari informasi tentang saya jika suatu saat diperlukan. Di blog saya yang lama juga sudah saya sediakan menu bar didalamnya sehingga para pembaca bisa dengan mudah mencari apa yang mereka inginkan, tetapi karena artikelnya hanya satu (itu pun ya cuma menceritakan tentang diri sendiri maupun rencana apa yang akan dilakukan beberapa tahun ke depan) dan artikel tersebut hanya untuk pemenuhan syarat mata pelajaran TIK pada waktu itu. Dan akhirnya pada tahun 2016 saya memutuskan untuk membuat blog baru dengan harapan bahwa dengan ilmu pengetahuan tentang internet, tentang blog pertama saya maupun tentang komputer yang sudah saya ketahui sebelumnya, blog saya mampu tampil lebih menarik dan lebih bermanfaat lagi untuk yang lainnya.

Di blog kedua saya, saya sudah merencanakan dan berfikir matang-matang tentang apa yang akan saya isikan didalamnya. Saya berfikir untuk mengisinya dengan berbagai artikel tentang pelajaran-pelajaran yang saya dapatkan disekolahan saya yang mungkin berguna untuk beberapa pembaca. Untuk artikel pertama di tanggal 28 September 2016 saya memposting hasil praktikum saya di mata pelajaran biologi dengan judul Laporan Praktikum Uji Makanan. Di postingan kedua ditanggal 16 November 2016, saya memberikan laporan praktik saya juga dengan judul Laporan Praktikum Fotosintesis Hydrilla. Dan dipostingan ketiga saya pada tanggal 17 November 2016, saya memberikan laporan praktikum saya tentang Laporan Praktikum Pertumbuhan dan Perkecambahan Biji Kacang Tanah.  Setelah itu saya sudah tidak pernah sama sekali untuk membuka blogger saya.

Beberapa tahun berlalu setelah saya memutuskan untuk tidak menggunakan blog saya lagi, ternyata di semester 5 tahun 2018 ini, di jurusan perkuliahan di Universitas Islam Kadiri (UNISKA) yang saya ambil, memberikan saya materi tentang blog. Dosen pengampu mata kuliah ini bernama Pak Irwan, beliau pun sama dengan guru SMA saya, yaitu mewajibkan mahasiswa dan mahasiswinya untuk mengenal tentang blog dan menggunakannya sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat. Beliau pun juga menuntun kami untuk membuat blog untuk pertama kalinya. Dan betapa terkejutnya saya ketika saya membuka blog dengan menggunakan alamat gmail permanent saya, artikel yang pada tahun 2016 saya upload tentang berbagai laporan praktikum yang telah saya lakukan, sudah dilihat lebih dari 39.000x penayangan. Saya sempat tidak percaya pada waktu itu, tetapi saya sangat bersyukur karena artikel yang saya tulis ternyata bisa membantu orang lain.

Dan sekarang, dengan mengetahui hal tersebut dan dengan berbagai proses yang telah saya lalui di sekolahan saya yang dulu maupun di universitas saya yang sekarang, saya akan lebih fokus untuk memperbaiki apa yang kurang didalam blog saya dan saya ingin memberikan beberapa artikel yang bermanfaat untuk beberapa orang sehingga secara tidak langsung saya bisa berguna untuk orang lain yang mungkin tidak saya kenal dan mengenal saya. Sekian ya untuk pengalaman yang saya berikan, terlalu singkat sebenarnya tapi yasudah gapapa ya, jangan ngantuk pas baca artikel ini (wkwkwkwwk). Terimakasih.
Share:

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives