Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Saturday, December 1, 2018

Cara Membuat Soal Online Menggunakan Google Drive (gratis)

Cara membuat soal (online) melalui google drive.


Kita tahu bahwa memahamkan orang lain itu tidaklah mudah. Terkadang ada orang yang dijelaskan satu kali sudah 100% sangat paham dengan apa yang dijelaskan, ada juga yang hanya paham 50% atau bahkan kurang dari itu. Semua itu tergantung dengan individu masing-masing. Tidak hanya pada murid, tetapi juga pengajar karena pengajar memegang peran yang sangat penting disini.

Pengajar dituntut untuk mampu menguasai keadaaan, mampu menyampaikan kurikulum sesuai dengan apa yang menjadi focus utama pada pelajaran itu. Semua hal dan cara harus bisa dimanfaatkan dan dilakukan untuk mencapai tujuannya. Maka dari itu, guru dituntut untuk lebih creative daripada siswa. Creative dalam meyampaikan materi dan penggunaan methodology pembelajaran atau creative memanfaatkan benda-benda/hal-hal yang bisa digunakan sebagai Media yang pas untuk meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu media yang paling pas adalah internet.

Internet tidak hanya dipakai untuk kegiatan berkomunikasi atau mencari informasi saja, justru internet juga bisa digunakan untuk membuat Innovasi atau terobosan yang baru didunia pendidikan yang bahkan akan lebih mudah digunakan dan memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Apalagi sekarang pengguna internet tidak hanya dikalangan tua, muda, tetapi kalangan anak sekolah pun tidak buta dengan internet. Maka memanfaatkan internet didalam pengajaran diera sekarang ini sangat di anjurkan karena efisiensi waktu yang ditawarkan.

Internet menyediakan beberapa aplikasi online yang tidak perlu di download terlebih dahulu. Yang tentunya aplikasi tersebut harus ada hubungannya dengan pendidikan. Salah satunya adalah google drive. Google drive memberikan sebuah vitur yang bisa digunakan untuk membuat soal online gratis dan mudah dipakai dan mudah untuk diakses. Maka dari itu, disini saya akan memberikan cara membuat soal online menggunakan google drive.

1. Buka link Google Drive
2. Klik tanda + (baru) →Lainnya→Google Formulir→Formulir kosong

3. Isi form ini dengan :
  1. Judul
  2. Diskripsi tentang soal apa yang anda berikan kepada murid anda.
  3. Tulis pertanyaan anda (didalam menulis pertanyaan, anda akan diberikan opsi apakah itu pertanyaan pilihan ganda, essay, atau opsi lainnya? disini tersedia berbagai jenis jawaban yang anda inginkan, tetapi saya mencontohkannya dengan menggunakan pilihan ganda)
  4. Anda bisa menambahkan opsi jawaban misalnya (A,B,C,D, dst) dengan meng-klik lainnya.
    5. Anda bisa menambahkan pertanyaan sesuai yang anda inginkan dengan meng-klik tanda + pada
        sisi sebelah kanan kotak pertanyaan.






4. Klik Kirim pada pojok kanan atas → Pilih dimana anda akan membagikan link tersebut, Google+, facebook, atau twitter. Atau langsung ke alamat email (siswa anda) → Kirim










5. Pilih dimana anda akan membagikan link tersebut, Google+, facebook, atau twitter. Atau langsung ke alamat email (siswa anda) → Kirim



















Nah, sangat mudah kan? jadi anda tidak perlu repot-repot untuk membagikan kertas atau menulisnya di papan tulis sehingga bisa menghemat waktu dan biaya. Penggunaannya ini pun tidak terbatas, bisa digunakan berkali-kali sesuai yang anda inginkan. Siswa pun tidak akan merasa terbebani karena soal online tersebut sangat mudah di akses oleh mereka. Terimakasih telah membaca artikel saya, semoga bermanfaat.




Share:
Location: Central Jakarta, Central Jakarta City, Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives