Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Wednesday, November 28, 2018

Cara Menyisipkan Video di dalam PPT agar bisa di Play

Bagaimana cara menyisipkan video di dalam PPT yang benar agar bisa di Play?


Pertanyaan diatas adalah satu dari beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang yang membuat media presentasi berupa PowerPoint. Mengapa? Sebenarnya, PPT yang menyertakan video didalamnya akan menjadi sangat menarik bagi para audience karena mereka bisa menampilkan audio visual didalam presentasi mereka. 

Perlu diingat bahwa, tidak perduli seberapa menarik PPT yang kamu buat, seberapa menarik materi yang akan kamu sampaikan dan seberapa menarik informasi yang akan kamu berikan. Jika ada kesalahan kecil saja didalam PPTmu ketika sedang di presentasikan, maka semuanya akan menjadi sia-sia dan percuma karena hal yg menurutmu kecil dan tidak terlalu penting itu ternyata ketika tidak berjalan sebagaimana mestinya atau sebagaimana rencana awal yang telah dipersiapkan bisa merusak hari bahagiamu.

Saya punya sedikit cerita tentang kegagalan presentasi yang didalamnya disertakan sebuah video. Hal tak terduga ini terjadi kepada teman satu kamar kost saya yang sedang kuliah disalah satu Universitas jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) semester 7. Dihari terakhir pengumpulan tugas kepada dosennya, dia hanya menginsertkan (memasukkan) video ke dalam PPTnya tanpa menyimpan video aslinya kedalam folder tempat dia menyimpan PPTnya. Alhasil, ketika video didalam PPT di klik, videonya tidak muncul dan ada peringatan bahwa file tidak bisa dibuka. Dan kesalahan dia yang selanjutnya adalah pada waktu itu dia tidak membawa laptop dan dia hanya membawa flashdisk, yang didalamnya tidak ada file video yang sudah dia sisipkan ke dalam PPT sehingga  dia tidak bisa membuktikan kepada dosennya bahwa dia benar-benar membuat videonya. Bisa ditebak kan hasilnya? Dia dianggap tidak mengerjakan tugas dan dia tidak mendapatkan nilai akhir di mata kuliah tersebut.

Nah, dari cerita diatas bisa diambil pelajaran bahwa tidak semua yang sudah direncanakan akan berjalan sesuai dengan apa yang diperkirakan. Ada hal-hal kecil yang harus diperhatikan sebelum mengerjakan sesuatu.

Maka dari itu, penulis akan menuliskan cara yang benar untuk menyisipkan video agar bisa di Play.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk meyisipkan video.
1. Buka PPT anda yang ingin anda sisipkan sebuah video
2. Anda bisa memakai 2 cara untuk menyisipkan video
    a) Lihat di slide PPT ada gambar movie
    b) Klik insert setelah itu klik gambar movie

3. Pilih video yang ingin anda masukkan dan klik OK setelah itu (perbesar ukuran video seperti yang anda inginkan)

4. Ada 2 pilihan yang diberikan perihal pengaturan untuk memainkan video
    a) Automatically (video akan langsung diputar setelah ganti slide)
    b) When clicked (video akan diputar setelah diklik pada lembar halaman 2)
5. Dan akhirnya PPT sudah terisi dengan video.
6. Langkah terakhir adalah menyimpan video asli didalam folder yang sama yang digunakan untuk menyimpan PPT. (ini adalah hal yang wajib dan paling penting yang harus dilakukan agar video didalam PPT bisa di Play) karena antara video dan PPT harus sikron dan berhubungan satu sama lain sehingga ketika di Play, system Microsoft office akan secara langsung menghubungkannya dengan video tersebut.

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah Mengapa terkadang video tidak bisa di play? dan muncul tulisan seperti ini didalam PPT.

Jawabannya simple, itu semua karena si pembuat PPT lupa tidak memasukkan videonya ke dalam folder yang sama dengan PPT. Dan bagaimana cara agar bisa menyisipkan video tanpa harus menyimpan video aslinya? Anda hanya harus merubah format video menjadi format video yang didukung oleh Microsoft office.  Baca cara mengubah format video agar bisa di Play di PPT

Share:
Location: South Jakarta, South Jakarta City, Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives