Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Tuesday, November 20, 2018

Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Teaching English for Young Learner (TEYL)

Bahasa Inggris memang sangat penting di jaman modern ini, tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk mempunyai kemampuan berbahasa Inggris karena memang kemajuan tekhnologi yang secara tidak langsung menuntut mereka untuk menguasai Bahasa Inggris agar mampu menghadapi era globalisasi yang semakin lama semakin maju. Dampak globalisasi ini tidak hanya akan dirasakan oleh kaum remaja, dewasa dan tua saja tetapi juga akan dirasakan oleh anak-anak kecil usia sekolah Pre School, Kindergarten, or Elementary School. Mengapa? karena usia-usia seperti mereka ini akan sangat mudah untuk diberikan hal-hal baru.

Perlu diketahui bahwa jawaban tersebut memang benar tetapi yang menjadi masalah kali ini adalah bagaimana membuat mereka paham dan menyukai tuntutan mereka untuk kebutuhan dimasa depan nanti? Ini adalah pertanyaan yang harus dipikirkan oleh seorang pengajar karena mereka adalah figure yang dituntut untuk memberikan pengetahuan baru kepada para murid atau pembelajar.

Salah satunya adalah dengan cara menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik agar para siswa memfokuskan perhatiannya kepada apa yang disampaikan oleh guru mereka. Nah maka dari itu, disini saya akan memberikan contoh pembuatan Media Pembelajaran yang Menarik yang sangat cocok untuk mengajarkan siswa Elementary School (SD) kelas 1-3 untuk menghafal vocabulary untuk kegiatan sehari-hari.

Cartons of Vocabulary in Daily

 Alat dan Bahan :

  1. Kain warna-warni (disini saya menggunakan warna merah, kuning, hijau dan biru)
  2. Kardus bekas.
  3. Kain Flanel untuk pembuatan pita
  4. Gambar/Objek sekaligus vocabulary dan maknanya (bisa download di internet dan di print out)
  5. Lakban kecil dan besar
  6. Lem tembak beserta tembaknya
  7. Gunting
  8. Penggaris
  9. Tali yang telah terpotong kecil-kecil

Cara pembuatan :

  1. Potong kardus bekas menjadi kotak dengan ukuran 25cm x 25cm.
2. Potong kain menjadi beberapa bagian dan gunakan untuk membungkus kardus yang sudah terpotong.
3. Rekatkan kain pembungkus dengan menggunakan lakban kecil untuk sementara waktu.

4. Potong gambar/object sesuai dengan ukuran kardus (sedikit lebih kecil dari ukuran kardus).


5. Letakkan gambar/object disetiap sisi kardus (depan maupun belakang) dan rekatkan dengan menggunakan lakban besar.


6. Buat pita dengan cara memotong kain flannel dengan pencampuran dua warna (misalnya biru dan hitam) dengan ukuran 8cm x 4cm dan 6cm x 2cm dan tumpuk 2 kain pita dan rekatkan bagian tengah dengan menggunakan tali.
7. Setelah pita jadi, letakkan pita dipojok sisi depan maupun belakang dengan posisi miring 45 derajat dengan menggunakan lem tembak.

8. Media Pembelajaran yang Menarik sudah siap untuk digunakan.

 Nah, bagaimana? menarik bukan? beberapa orang dewasa saja melihat media pembelajaran ini merasa gemas dan tertarik untuk melihatnya apalagi anak-anak kecil. Pasti mereka sangat menyukainya dan berantusias untuk memperhatikannya. tetapi jangan lupa, pembawaan seorang pengajar atau guru juga sangat penting disini. Media Pembelajaran yang Menarik pun bisa tidak berarti apapun ketika sang guru tidak mampu menyampaikan materinya dengan menarik dan menyenangkan, jadi baik Media Pembelajaran maupun Cara Pengajaran juga harus sinkron dan berkaitan satu sama lain.



Share:

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives