Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Wednesday, November 21, 2018

Cara Mudah Mengganti Template (Tema) Pada Blog

Bagaimana cara merubah template di blog agar lebih menarik?


Di artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merubah template pada blog. Ini dikhususkan untuk beberapa orang yang baru mempunya blog pribadi seperti saya ini atau orang yang hanya ingin menambah wawasan saja. Sebelum kita jauh melangkah, sebelumnya kita cari tahu dulu. Apa itu template?. Jangan sampai kita sudah bicara panjang x lebar x tinggi ternyata tidak tahu yang disebut dengan template. Itukan percuma gak ada gunanya wkwkwkw. Template itu adalah tema atau tampilan yang digunakan didalam blog. Sebenarnya, saya punya blog ini bisa dibilang masih baru. Membuat blognya sih sudah lama, tapi untuk fokus kedalamnya itu yang terjadi baru-baru ini. Jadinya maklum ya jika apa yang saya sampaikan kadang masih belepotan kesana-kemari belum jelas arahnya kemana, maklum masih Noob wkwkwkw.

Awalnya saya merasa terganggu dengan tampilan blog saya yang sangat-sangat-sangat biasa saja karena Literally, semua orang melihat sesuatu itu terkadang berawal dari sampul atau covernya termasuk juga saya. Tujuannya adalah untuk membuat tampilan blog kita semakin menarik, sehingga pengunjung akan tertarik dan betah untuk berlama-lama ada didalam blog kita. tetapi, gimana mau menarik pembaca kalo tampilannya gitu-gitu aja ? maka dari itu saya mencari beberapa informasi tentang bagaimana merubah template blog dengan mudah. Dan ternyata, cara  mengganti template tidaklah susah, di internet sudah disediakan puluhan bahkan ratusan template blog yang sudah siap dipakai. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Kalo saya mah prinsipnya kalo ada yang gratis ngapain harus cari yang berbayar? habis-habisin uang aja hhhhhh.

Sebelum kita mulai membahas bagaimana cara menggantinya, terlebih dahulu kita harus mempunyai file template yang akan kita gunakan menjadi template kita. Anda bisa mendownloadnya di situs btemplates.com, soratemplates.com, zoomtemplate.com. Bentuk dari file yang anda download terkadang berupa .zip yang harus kita extract dulu untuk mendapatkan format .xml nya.

Jangan khawatir, jika anda sudah menemukan template yang diinginkan. Mari ikuti beberapa langkah dibawah ini :
1. Saya disini sudah mempunyai template yang akan saya pakai, saya mendapatkannya dari btemplates.com. Jika anda sudah menemukan template yang cocok, klik pada pilihan anda setelah itu klik Download Now untuk langsung mendownload pilihan atau Live Demo untuk mereview pilihan.


2. Setelah itu, buka folder download. Klik kanan pada mouse dan klik extract file sehingga nanti akan muncul folder yang memunculkan data yang berformat .xml.

3. Masuk ke dashboard pada blogger, klik Template/Tema, dan klik Cadangkan (Backup)/Pulihkan.
4. Klik browse. Setelah itu cari file yang sudah di extract tadi dan pilih yang format .xml. Klik upload.
5. Secara otomatis, template blogger akan berubah sesuai dengan yang anda inginkan.

Nah, gampang kan cara merubah template/tema blog? Dengan cara ini, blog anda akan terlihat lebih menarik dari sebelumnya dan akan membuat pengunjung lebih tertarik dengan artikel anda. Dan kabar bahagianya adalah anda bisa merubah template atau tema blog anda berkali-kali sesuai dengan yang anda inginkan tetapi tetap diusahakan jangan sampai terlalu sering agar pengunjung blog anda tidak merasa kebingungan karena template anda berubah secara terus menerus.

Share:

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives