Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Thursday, November 29, 2018

Cara Mengubah Format Video agar bisa di putar di PowerPoint (PPT)

Cara Mengubah Format Video agar bisa di putar di PowerPoint (PPT)

Hay guys, sebelum saya membagikan tentang cara mengubah format video agar bisa di play di powerpoint (PPT), saya akan memberikan beberapa alasan mengapa video terkadang tidak bisa di putar di PowerPoint, ya walaupun saya sudah menjelaskan di postingan Cara Menyisipkan Video di dalam PPT agar bisa di Play sebelumnya, saya akan mengulas sedikit tentang hal ini.

Ada dua alasan yang membuat video tidak bisa di play didalam file PPT yang membuat beberapa orang yang menggunakan PPT sebagai media pembelajaran atau media presentasi gagal dalam menyampaikan file PPT yang telah dibuatnya.
·         Yang pertama adalah karena file video yang telah diinsertkan di dalam PPT tidak disertakan didalam folder penyimpanan PPT tersebut, ketika PPT sedang dipresentasikan menggunakan PC yang lain (yang tidak sama dengan ketika kita membuat PPT)maka secara otomatis system Microsoft Office akan mencari file videonya di PC atau di folder tempat penyimpanan PowerPoint tersebut. Dan ketika file video tidak ada maka, video tidak akan bisa diputar.
·         Yang kedua adalah karena format video yang digunakan tidak support dengan pengelola file yaitu Microsoft office. Disini, Ms. Office tidak bisa sembarangan di insertkan sebuah video, karena jika dipaksa maka akan terjadi kegagalan ketika proses pemutaran tadi.
Jadi, jika anda ingin menginsertkan sebuah video ke dalam PowerPoint, maka ikuti 2 langkah diatas. Tetapi masing-masing pilihan pasti mempunya suatu kelemahan, yang pertama adalah ketika menyimpan video di folder yang sama maka memory yang digunakan akan sangat besar karena penyimpanan akan menghabiskan Space Memory twice, PPT dan Video. Dan yang kedua adalah Anda harus susah payah untuk mengganti format video yang mungkin awalnya adalah mp4, 3gp dsb menjadi format yang sudah support dengan sumber kerja.

Sebenarnya langkah-langkah dibawah ini sangatlah gampang, anda pun bisa melakukannya dengan memakai smartphone kesayangan anda.

1. Download aplikasi Video Converter melalui Play Store (Jika anda belum memiliki aplikasi ini di HP anda). Setelah itu, buka aplikasi tersebut.

2. Pilih menu convert seperti gambar dibawah ini.

3. Pilih video yang akan di ubah formatnya dan setelah video terpilih, klik lanjutkan.
4. Pilih menu windows untuk mengubah file menjadi format .wmv (karena format .wmv adalah format yang didukung oleh Ms. Office). Setelah itu klik arah tanda ke kanan.

5. Tunggu beberapa saat sampai video selesai di prosess (di proses ini tidak boleh sampai menutup menu tersebut, karena jika menutupnya. Akan memulai proses dari awal lagi)
6. Video sudah selesai diubah formatnya.

Nah, gampang bukan untuk merubah format video agar bisa di putar di PowerPoint, jadi anda tidak harus menyimpan video nya difolder PPT. Cukup bawa PPT anda tanpa harus mencopy video aslinya. Lebih simple dan hemat memory. Cara ini bisa digunakan untuk menformat video menjadi format apapun. Selamat mencoba yaa.

Share:
Location: South Jakarta, South Jakarta City, Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives