Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Thursday, November 29, 2018

Cara mudah merubah format file dari PDF ke Word tanpa aplikasi hanya dalam beberapa detik

Cara mudah merubah format file dari PDF ke Word tanpa aplikasi.

Kita tahu bahwa untuk merubah format file menjadi berbeda itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang harus kita miliki dan kita install dulu di PC atau Smartphone kita. Dan terkadang kita juga mikir, untuk apa kita menginstal aplikasi yang bagi kita tidak terlalu penting karena kita membutuhkan aplikasi tersebut hanya beberapa kali saja dan tidak untuk setiap hari?

Kadang justru penginstalan aplikasi yang tidak terlalu penting itu yang membuat PC kita semakin lemot karena terlalu banyak aplikasi yang kita instal dan beberapa file yang kita miliki sehingga penyimpanan kita semakin berkurang dari standart sisa ketersediaan. Misalkan  PC kita mempunyai RAM 2GB untuk menyimpan aplikasi yg ada, akan sangat tidak mungkin kita bisa menghabiskan semuanya. Pasti ada kapasitas minimal yang harus tersedia, ketika kita melampaui batas minimal. Maka imbas dan efeknya adalah pada PC kita. PC akan semakin lemot (slow respon) dan beberapa aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. .

Ditambah lagi ketika memory yang disediakan oleh system untuk menyimpan berbagai data hanya sekitar 300 GB, kita tidak mungkin juga menghapus file-file yang kita miliki karena mungkin suatu saat file yang kita miliki itu berguna, karena yang ditakutkan adalah kita sudah terlanjur menghapus file yang kita miliki dan ketika kita membutuhkannya, kita tidak mempunyai salinannya dan kita sendiri yang akan kesusahan. Semakin banyak penyimpanan aplikasi atau data yang terpakai, maka akan semakin berpengaruh terhadap cara kerja PC kita.

Untuk menghindari hal tersebut saran saya adalah hindari menginstal aplikasi yang tidak terlalu penting, jika anda ingin merubah format file tanpa aplikasi. Anda tidak perlu menginstal aplikasi apapun, anda hanya perlu untuk melakukan perubahan format aplikasi melalui internet (online) karena google menyediakan layanan google docs yang sangat berguna didalam modifikasi file. Anda bisa mengedit file PDF, dan setelah itu anda bisa menyimpannya dengan menggunakan format file yang anda inginkan. Syaratnya hanya 2, anda harus mempunyai gmail dan koneksi internet. Jika anda belum punya gmail, anda bisa membacanya di artikel saya, Cara Membuat Gmail dengan Mudah.

Caranya pun tidak terlalu susah, dan hanya dalam beberapa detik anda sudah berhasil merubah format file anda.

1. Buka google docs terlebih dahulu.
2. Login dengan gmail yang sudah anda miliki. Disini adalah tampilan ketika anda sudah login.
3. Klik gambar folder yang ada di pojok kanan tengah.
4. Klik upload → pilih file dari computer anda. (pilih file PDF yang akan diubah formatnya → open)
5. Setelah selesai meng-upload. Buka google drive anda.
6. Cari PDF yang telah anda upload. Klik kanan dan pilih open with → Google Docs.
7. Setelah file terbuka, jika anda ingin mengeditnya silahkan diedit terlebih dahulu. Jika tidak, langsung pilih menu file → download as → Microsoft word (.docx). Tunggu beberapa detik setelah file selesai di download.

Nah, cukup mudah kan? hanya perlu beberapa detik anda langsung bisa merubah format PDF menjadi .docx . Jadi anda bisa mengedit file-file yang anda butuhkan tanpa mengkhawatirkan tentang format filenya. Oh ya, cara ini berlaku untuk semua perubahan format document. Tidak hanya format .docs saja tetapi juga bisa format lainnya sesuai keinginan anda. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.
Share:
Location: Tangerang, Tangerang City, Banten, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives