Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Tuesday, April 16, 2019

Contoh RPP Bahasa Inggris di SMA Kelas X Materi Descriptive Text Kurikulum 2013-



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
Nama Sekolah             : SMA Negeri Bandarkedungmulyo

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Kelas/ Semester           : X / Genap

Alokasi Waktu            : 4 x 50 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)

KI 1 dan KI 2

Pembelajaran Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilaksanakan secara tidak langsung  (indirect teaching) melalui keteladanan, terkait jujur, tanggungjawab, disiplin, dan santun melalui proses pembelajaran Pengetahuan dan Keterampilan. Selanjutnya guru melalukan penilaian sikap tersebut sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KI 3.

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4.  

Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks descriptive secara lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8.1 Menemukan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks descriptive secara lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8.2 Mengidentifikasifungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks descriptive  lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8.3 Membedakanfungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks descripsi lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
4. 8 Teks descriptive
4.8.1 Menangkap makna secara konstekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks descriptive secara lisan dan tulis, terkait  informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.



4.8.1.1 Menyimpulkan informasi secara konstekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks descriptive secara lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8.2 Menyusun teks descriptive lisan dan tulis, terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
4.8.2.1 Menulis teks descriptive lisan dan tulis terkait terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8.2.2 Menyusun teks descriptive lisan dan tulis, terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.

C.    Materi Pembelajaran
·         Fungsi sosial
Menjelaskan, Mencontohkan, Menerapkan teks descriptive terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.

·         Struktur teks
Struktur teks report mencakup
1.      Informasi umum
2.      Informasi khusus

·         Unsur kebahasaan
1.      Kata dan Bahasa yang dapat dipahami.
2.      Penggunaan tenses yang tepat.

D.    Metode Pembelajaran
Diskusi, Penugasan, Presentasi
 
E.     Media/alat/bahan/sumber belajar    :
Teks descriptive, teks lain, LKS

F.     Kegiatan Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama: (2 JP)

Indikator:

3.8.1        Menemukan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks descriptive secara lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.8.2        Mengidentifikasifungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks descriptive  lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.8.3        Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks descripsi lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.    

a.      Kegiatan Pendahuluan

·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran.

·         Memotivasi peserta didik dengan cara melakukan ice breaking untuk menyemangati kelas dengan sebuah permainan “Traffic Light”.

·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kegiatan yang akan siswa lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

b.     Kegiatan Inti

·         Menjelaskan teks descriptive terkait dengan tujuan menulis teks report

·         Menjelaskan teks descriptive terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan.

·         Membacakan teks descriptive yang ada didalam lembar kerja peserta didik dan para peserta didik menyimak.

·         Meminta siswa untuk menemukan tujuan dari penulisan teks descriptive  tersebut.

·         Secara berkelompok, siswa membaca teks descriptive didepan kelas dengan pasangannya. Siswa pertama membaca dan siswa kedua menerjemahkan.

·         Guru memberikan materi tentang metode mind mapping.

·         Guru memberikan topic ibu dan meminta siswa untuk membuat mind mapping tentang ibu.

·         Mendiskusikannya dengan teman sebangkunya.

·         Memberikan teks descriptive yang telah disiapkan kepada setiap kelompok dan setiap kelompok mengidentifikasi teks descriptive masing-masing yang telah diberikan oleh guru beserta membuat mind mapping dari teks tersebut.

·         Menukarkan setiap hasil identifikasi kelompok ke kelompok yang lain dan melakukan penilaian.

·         Memberikan tugas khusus untuk menjawab pertanyaan singkat yang ada di lembar kerja siswa.

c.      Kegiatan Penutup

·         Mengulas kembali apa yang telah dipelajari tentang teks descriptive.

·         Menanyakan kembali struktur dan ciri-ciri teks descriptive.

·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
 
2.      Pertemuan Kedua: ( 2 JP)

Indikator:

1.8.1        Menyimpulkan informasi secara konstekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks descriptive secara lisan dan tulis terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya.

1.8.2        Menyusun teks descriptive lisan dan tulis, terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.

a.      Kegiatan Pendahuluan

·      Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.

·      Memotivasi peserta didik dengan melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana dengan permainan instruction or gesture.

b.      Kegiatan Inti

·      Secara individu, membuat mind mapping dengan pemahaman yang telah didapatkan sebelumnya dengan tema seekor kucing.

·      Siswa diminta untuk membuat teks descriptive dengan panduan mind mapping yang telah dibuat.

·      Sebanyak lima siswa diminta untuk maju ke depan kelas secara bergantian dan membacakan teks descriptive yang telah dibuat.

·      Guru memberikan pemahaman yang lebih untuk mengomentari hasil teks yang telah dibacakan didepan kelas.

·      Secara berpasangan memilih 1 topik dari 3 topik yang telah disediakan.

·      Masing-masing kelompok menulis teks descriptive sesuai dengan topik yang telah dipilih secara tertib dan tekun.
 
c.       Kegiatan Penutup

·      Mereview pembahasan pada kegiatan latihan yang sudah dikerjakan selama awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran.

·      Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Did you enjoy writing descriptive text? Was it difficult? Was it easy? What did you find difficult?”

·      Menutup pertemuan dengan doa.

G.    Penilaian Hasil Belajar

a.    Teknik Penilaian:

a.         Penilaian Sikap             : Observasi/Pengamatan

b.        Penilaian Pengetahuan  : Tes Tertulis

c.         Penilaian Keterampilan : Praktek

b.   Bentuk Penilaian:        

a.         Observasi                      : Jurnal guru

b.        Tes tertulis                    : Uraian dan Lembar kerja

c.         Praktek                          : Praktek didepan kelas

H.    Program Tindak Lanjut

1.      Remedial

·         Peserta didik yang belum mencapai KKM(75) diberi tugas untuk membuat teks descriptive dalam bahasa Inggris terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya . Setelah dua minggu, guru mengevaluasi kemajuan kompetensi peserta didik dalam menangkap makna dan atau menyusun teks descriptive. Kemudian guru melaksanakan penilaian remedial.

2.      Pengayaan

·         Bagi peserta didik mempunyai nilai di atas 75 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk menyusun teks descriptive terkait informasi tentang benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan konteks penggunaannya. Kemudian mempublikasi dengan ditempel di madding.

Rubrik Penilaian tes lisan dan tulis



JAWABAN
Kreteria
SKOR
1.      The general and specific information about the picture
2.      The general information/specific information about the picture
3.      Other then 1 and 2
Tepat

Kurang tepat

Tidak tepat

3

2

1


Penilaian Sikap

Jurnal Guru

NO
HARI/TGL/ JAM KE
NAMA
PRILAKU/ KEJADIAN
BUTIR SIKAP
POS/NEG
TINDAK LANJUT

























Kediri, 25 Januari 2019

Mengetahui:                                                               
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran







Ingin contoh RPP lainnya? kalian bisa melihat postingan-postingan saya sebelumnya. disitu banyak contoh RPP yang murni buatan sendiri dan bukan hasil dari copy paste. keep spirit ya guys for studying. 😊😊

Share:
Location: Tangerang, Tangerang City, Banten, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives