Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Friday, September 13, 2019

Cara mengatasi laptop yang terkena virus NDAROD


Cara mengatasi laptop yang terkena virus NDAROD

Hai guys
Sebelumnya saya akan berbagi pengalaman saya ketika laptop saya terkena virus Ransomeware yang berjenis NDAROD File. Sebelumnya jika anda belum tau apa yang disebut dengan virus Ransomeware, anda bisa membuka artikel saya Bagaimana Cara Mengatasi Virus Ransomeware?

Saya baru saja mengalami kejadian ini tepat sekitar tanggal 26 July 2019. Awal mulanya adalah karena laptop saya mengalami kendala dalam pembuatan data dengan menggunakan Microsoft Office, saya meminta teman saya untuk memperbaikinya entah dengan apapun caranya karena disini saya pun hanya sebagai pengguna aplikasi tersebut dan tidak tau sama sekali cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang saya alami pada saat itu. Setelah itu, teman saya berusaha untuk mendownload beberapa aplikasi  yang Support untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ternyata, ketika aplikasi terdownload di laptop saya, (sepertinya) ada virus yang ikut masuk kedalamnya bersamaan dengan aplikasi tersebut. Secara otomatis teman saya membuka dan menginstal aplikasi tersebut.

Dan akhirnya? Can you guest? permasalahan saya selesai dan bahkan saya sudah bisa membuka Microsoft Office saya. Setelah itu saya nonton video dilaptop saya (karena sepertinya virus belum sepenuhnya menginfeksi beberapa data saya), tiba-tiba ketika sedang menonton, video tersebut tidak bisa diputar lagi dan berhenti. Saya matikan videonya, dan saya lihat semua data sudah tidak bisa dibuka lagi. Di local disk C, D,E semuanya sudah tidak bisa dibuka lagi. Saya mencoba untuk menguninstal aplikasi yang sudah masuk di laptop saya tadi dengan harapan data bisa dibuka lagi, ternyata sia-sia. Semua data sudah terinfeksi dan format berubah menjadi NDAROD File.
Ini adalah beberapa contoh file yang sudah terinfeksi virus. Jadi, semua format data akan berubah secara otomatis menjadi NDAROD File dan aplikasi apapun tidak akan mampu membuka file ini. (mohon maaf gambar kurang begitu jelas)




Dan setiap folder di laptop saya terdapat pesan berupa note dengan judul _readme yang memberitahukan bahwa saya tidak perlu khawatir karena sebenarnya data saya masih bisa dikembalikan lagi asalkan saya bersedia membayar sebesar $980 atau sekitar Rp 15 Juta. Saya akan mendapatkan diskon 50% menjadi $490 atau sekitar Rp 7,5 Juta ketika saya melakukan pembayaran kurang dari 72 jam. Dan ia mengatakan bahwa hanya ia yang bisa mengembalikan data saya dan tidak ada orang lain yang mampu memperbaikinya. Ini adalah contoh pesan yang dikirim ke laptop saya. (mohon maaf gambar kurang begitu jelas).


Saya mencoba menghubungi teman saya yang memperbaiki laptop saya, ternyata dia tidak tau sama sekali tentang mengapa bisa menjadi seperti itu karena dia juga sering mendownload aplikasi tersebut dan dipasang dibeberapa laptop dan hasilnya juga berhasil tidak pernah ada gangguan sedikitpun. Dan dia menghubungi beberapa temannya yang (mungkin) tau tentang cara mengatasi hal ini. tetapi, temannya hanya mengatakan bahwa kita hanya bisa menunggu untuk keluarnya virus baru yang bisa melawan virus ini entah kapanpun itu, dan harus merelakan semua data yang hilang. What??????????? merelakan? sangat mudah dia mengatakan merelakan. Sebenarnya tidak mengapa data saya terkena virus asalkan jangan foto-foto didalamnya. Karena banyak kenangan foto bersama keluarga saya yang masi dari saya kecil hingga berumur 22 tahun saat ini.

Saya tidak menyerah sampai disitu saja, setelah itu, teman saya menyarankan untuk dibawa ke tempat service computer disuatu daerah, akhirnya saya menuruti saran dari teman saya. Ternyata virus tetap ada di laptop saya padahal sudah di install ulang dengan menggunakan windows yang terbaru (karena langkah pertama yang memang harus dilakukan ketika laptop terkena virus adalah dengan cara diinstall ulang). Ternyata tetap tidak bisa hilang. Ini adalah foto kuitansi pembayaran tempat service laptop ditanggal 27 Juli 2019.

Setelah itu, saya tetap tidak menyerah. Saya mencoba meng-share problem saya di story WA, dan banyak yg menyarankan untuk install ulang, mengganti format file secara manual, ataupun mendownload beberapa aplikasi tetapi ternyata gagal dan virus tetap ada didalam laptop saya.
Dan akhirnya, ada temannya temanku namanya Mr.N katanya mungkin bisa memperbaiki hal-hal seperti ini. Karena virus ransomeware NDAROD itu benar-benar virus yg sangat berbahaya yg baru booming tahun ini. Akhirnya, berkat bantuan Mr.N, file-file saya banyak yg terselamatkan, hampir 90% data terselamatkan, walaupun tidak 100% bagi saya itu sudah lebih dari cukup daripada saya harus kehilangan semua file-file saya. Benar-benar Mr.N adalah penyelamat hidup saya padahal ketika saya membayangkan harus kehilangan file yang begitu banyak, saya benar-benar down dan tidak tau lagi harus berbuat apa.

Beberapa hari setelahnya, saya bercerita kepada dosen saya yg paham mengenai masalah virus, ternyata beliau berkata bahwa hal semacam ini bisa dengan mudah diatasi hanya dengan mengganti software yang dipakai dari windows menjadi Linux karena kebanyakan virus akan menyerang windows. Setelah berubah menjadi Linux, file akan kembali terbuka dan tidak terkunci lagi, setelah itu selamatkan dan pindah atau copy semua data yg penting ke hard disk, atau upload ke Google Drive. Jika anda tidak tau cara mengupload data ke Google Drive bisa melihat artikel saya > Cara upload data ke Google Drive. Tetapi untuk cara yg ini, saya belum tau bisa berhasil atau tidak karena belum saya coba karena ketika saya mendapatkan informasi ini, data dilaptop saya sudah kembali seperti semula berkat Mr.N.

Jadi, kesimpulannya tidak akan ada virus yg tidak ada cara penyelesaiannya, pasti ada, hanya saja kita harus tau bagaimana cara mengatasinya atau kenal dengan orang-orang yang tau tentang hal seperti ini. Dan ini adalah alamat email dari Mr.N yang telah membantu saya. Siapa tau para pembaca ingin mengetahui lebih lanjut atau meminta bantuan kepada Mr.N. (ngaenk@gmail.com)Silahkan menghubunginya sendiri. Terima kasih.



Share:
Location: Central Jakarta, Central Jakarta City, Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives