Ilmu pengetahuan akan semakin melekat ketika kita berusaha untuk membagikannya untuk orang lain, semakin kamu berusaha berbagi semakin kamu banyak mendapat manfaat

Friday, September 13, 2019

Bagaimana cara mengatasi virus Ransomware?

Bagaimana cara mengatasi virus Ransomware?

Hai guys,
Sebelum saya memberi tahu kalian tentang cara mengatasi virus Ransomeware, terlebih dahulu kita cari tahu apa sih sebenarnya virus Ransomeware itu?

Ransomeware adalah suatu jenis virus malware yang akhir-akhir ini berkembang yang sangat pesat didunia tekhnologi. Virus yang berbahaya ini akan mengunci beberapa data bahkan semua data yang ada pada komputer anda. Semua macam data dari mulai doc, jpeg, png, ppt, video, apapun itu semuanya akan terkunci dan tidak akan bisa diakses oleh pengguna apapun caranya. Kemudian, pengirim meminta bayaran kepada anda untuk mengembalikan data anda, bahkan mereka mengeklaim bahwa semua data anda tidak akan bisa dibuka tanpa bantuan dari mereka.

Cara kerja dari virus ini hampir sama dengan berbagai virus lainnya yang terkadang sering tiba-tiba dating di komputer anda dalam bentuk email, spam atau pembaharuan perangkat lunak palsu, dan akan secara tidak sengaja pengguna komputer akan mengeklik tautan tersebut atau membuka email tersebut untuk membaca lampirannya.

Virus tersebut langsung bekerja dengan cara mengenkripsi seluruh data pengguna. Ketika seluruh data pengguna sudah benar-benar terkunci semuanya, maka ia meminta uang bayaran dalam bentuk $ yang bahkan berdasarkan pengalalaman saya yg terkena virus ini yg berjenis NDAROD. Bisa dibaca disini (Cara mengatasi laptop yang terkena virus NDAROD). Saya diminta untuk membayar lebih dari 7juta dan jika saya tidak membayar dalam waktu 3 hari maka saya harus membayar sekitar 15 juta lebih. Dan memang benar, ia akan memberi diskon pembayaran dengan memberikan batasan waktu, jika tidak dibayar sesuai dengan batasan waktu maka pembayaran yang harus dilakukan akan menjadi lebih tinggi.

Hal seperti ini sangat wajar terjadi karena virus ini benar-benar kuat dan cepat untuk menginfeksi data-data pengguna hanya dalam beberapa saat, maka harga dan ancamannya tidak akan main-main. Bagi beberapa orang yang mempunyai banyak uang tidak akan masalah untuk membayar berapapun yang diminta oleh pengirim virus tersebut agar data bisa kembali lagi, tetapi bagi orang-orang yang tidak mempunyai banyak uang, pilihan mereka hanya ada 2. Yang pertama adalah menunggu terciptanya virus yang bisa melawan virus yg menyerang laptop mereka. Yang kedua adalah merelakan semua data hilang dan membuat data baru setelah itu disimpan dilaptop dan di Upload di Google drive agar pengamanannya bisa lebih aman lagi sehingga ketika laptop terserang virus, kita masih mempunyai cadangan data yang tersimpan di Google Drive atau membeli hard disk khusus untuk menyimpan data-data penting. Jika anda tidak tau cara mengupload file di Google Drive, anda bisa membaca artikel saya berikut ini > Cara mengupload file di Google Drive dengan mudah

Jangan khawatir, kita tidak boleh menyerah untuk mengatasi masalah diatas karena ada beberapa cara untuk mengatasi virus tersebut;
1. Dibawa ke service computer karena ada beberapa tempat service yang sudah terbiasa mengatasi masalah seperti ini. (sebagian besar service computer selalu bisa melakukan hal ini apalagi tempat service yang sudah mempunyai nama besar)
2. Menginstal ulang windows (bisa meminta windows yg lebih tinggi maupun yg lebih rendah daripada windows yg terpakai di laptop anda pada waktu itu) anda karena terkadang ketika diinstal ulang virus akan secara otomatis terbuang.
3.  Instal ulang ini bisa menggunakan software yang sama ataupun sangat berbeda. Misalnya dari windows 8 ke windows 10, atau dari windows 8 ke Linux.
4. Menggantinya dengan Linux akan mempermudah anda dalam mengembalikan file anda. Setelah menggantinya dengan Linux, data anda akan muncul dan bisa dibuka kembali. Selamatkan semua data anda dengan memindahkannya ke Hard Disk atau menguploadnya ke Google Drive, setelah itu install ulang laptop anda dengan mengambalikannya ke windows yg sebelumnya.

Jadi kesimpulannya adalah, segala virus yang menyerang data anda sebenarnya ada cara pencegahan maupun cara mengatasinya, jadi anda tidak perlu merasa sangat terpukul atau depresi atas kejadian tersebut (yang mungkin) akan menimpa anda. Anda bisa mencoba beberapa cara diatas. Untuk menghindari kejadian ini, diharapkan anda sudah mempunyai cadangan beberapa file yang anda anggap penting sehingga anda tidak akan benar-benar terganggu jika data anda terserang virus.








Share:
Location: Tangerang, Tangerang City, Banten, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

About

Powered by Blogger.

Archives